Pengertian JAVA, JDK, JVM dan NeatBeans IDE




Apa itu JAVA , JDK, JVM dan NetBeans IDE?
Mengapa perlu digunakan saat membuat program berbasis JAVA ?

Mungkin pertanyaan semacam itu yang ada dibenak anda saat mulai belajar pemrograman java ,maka dalam hal ini saya akan menjelaskan proses dan cara kerjanya . JAVA, JDK, JVM, dan Neatbeans IDE  adalah perangkat lunak yang wajib anda ketahui sebelum anda belajar tentang bahasa pemrograman java, karna hal ini sebagai pendukung agar program yang dibuat dapat di jalankan. Banyak programmer yang menganggap remeh dan tidak memahami alur yang terdapat di dalam system java dan editor yang harus digunakan untuk menjadi programmer java pun perlu anda ketahui pula. Java yang merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dibuat dan dipimpin oleh James Gosling pada saat ia masih bergabung di Sun Microsystems, Namun saat ini bahasa pemrograman java merupakan bagian dari Oracle dan telah dirilis pada tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi bentuk program yang terdapat pada bahasa C dan C++ dengan bentuk program yang lebih sederhana. JAVA adalah bahasa multiplatform atau dapat berjalan di hampir semua platform dan banyak digunakan pada komputer ataupun perangkat Handphone dan Device lainnya seperti Android, Blackberry dan lainnya. Nama JAVA yang terinspirasi dari kopi JAWA, makanya icon java berbentuk cangkir kopi. Selengkapnya bisa anda baca disini

Aplikasi Java diciptakan dengan file teks yang berekstensi ( .java ) yang biasanya dibuat menggunakan program notepad atau program lainnya kemudian Program ini dikompilasikan sehingga menghasilkan satu berkas bytecode yang berekstensi ( .class ) .  Bytecode ini adalah sekumpulan instruksi-instruksi yang serupa dengan instruksi kode yang terdapat di dalam system java tersebut yang telah anda buat. Perbedaannya adalah file atau kode java tersebut harus dijalankan pada sistem komputer dimana kompilasi ditujukan, sementara bytecode berjalan pada java interpreter yang telah tersedia di semua platform sistem komputer dan sistem operasi.

Proses System Pada JAVA :
1. JDK (Java Development Kit)
JDK (Java Development Kit) adalah Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dibaca dan dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment). JDK wajib terinstall pada komputer yang akan melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis java.

2. JVM (Java Virtual Machine)
JVM (Java Virtual Machine) adalah pusat inti pokok dari Bahasa Java. JVM berfungsi untuk mengubah bahasa program yang anda buat menjadi bahasa mesin, Karena bahasa java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi atau mendekati bahasa manusia maka dibutuhkan pengkonversi ke bahasa mesin. JVM mampu menerjemahkan program ke semua platform. Sesuai selogannya yang berbunyi “write once, run everywhere” .
3. JRE (Java Runtime Environment) 

JRE (Java Runtime Environment) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Versi JRE harus sama atau lebih tinggi dengan JDK yang digunakan untuk membangun aplikasi java.

4. NetBeans IDE  
Netbeans IDE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membangun perangkat lunak yang lain. Netbeans IDE dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak yang berbasis J2SE, J2EE, J2ME, JavaFX, PHP, C/C++. Ruby, Groovy dan Python.
Jadi kesimpulannya :
1.      JVM ada di dalam JRE dan JDK.
2.      JRE  berfungsi untuk “Menjalankan atau Run” program Java
3.      JDK berfungsi untuk “Mengeksekusi atau Compiler” program Java
4.      NetBeans IDE berfungsi untuk “Membuat atau Mengembangkan” program java

Kurang lebihnya begitu proses alur dari bahasa System java,untuk dapat mengetahui lebih lanjut dapat anda kunjungi secara mendalam disini 

Label:

Post a Comment

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://facebook.com/rifqi.abrory} {twitter#https://facebook.com/rifqi.abrory} {google#https://facebook.com/rifqi.abrory} {pinterest#https://facebook.com/rifqi.abrory} {youtube#https://facebook.com/rifqi.abrory} {instagram#https://facebook.com/rifqi.abrory}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.