Java NetBeans |
Bertemu lagi ,Der...!!
kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya dengan membagikan code seputar pemrograman java object , kali ini saya menggunakan platform Java NetBeans IDE 8.1 jika belum punya alangkah baiknya untuk menginstall terlebih dahulu ,der....!!
silahkan download melalui website reminya : https://netbeans.org/
kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya dengan membagikan code seputar pemrograman java object , kali ini saya menggunakan platform Java NetBeans IDE 8.1 jika belum punya alangkah baiknya untuk menginstall terlebih dahulu ,der....!!
silahkan download melalui website reminya : https://netbeans.org/
Maaf ,Der...!! saat ini saya tidak membahas cara menginstall NetBeans nya ,lain kali bila ada waktu saya share di sini .
Langsung aja deh topik utamanya untuk Membuat Object Sederhana Dengan Java NetBeans
Langkah-langkahnya :
- Buatlah project baru ,misal : Latihan
- Buatlah 2 Java Class ( beri nama Canvas.class dan MainPanel.class ).
Selanjutnya copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam Canvas.class -nya .
package Latihan;
import java.awt.geom.GeneralPath;
import javax.swing.JFrame;
/**
*
* @author ACER
*/
public class Canvas {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
JFrame frame= new JFrame();
frame.setTitle("Aplikasi Komputer Grafik Pertama Saya :");
frame.setLocationRelativeTo(frame);
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
MainPanel panel= new MainPanel();
frame.getContentPane().add(panel);
frame.pack();
frame.setVisible(true);
GeneralPath p = new GeneralPath(GeneralPath.WIND_NON_ZERO);
p.moveTo(100.f, 0);
}
}
Selanjutnya copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam MainPanel.class -nya .
package Latihan;
import java.awt.Color;
import java.awt.Dimension;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.Polygon;
import javax.swing.JPanel;
/**
*
* @author ACER
*/
public class MainPanel extends JPanel{
public MainPanel(){
this.setPreferredSize(new Dimension(400,400));
this.setBackground(Color.WHITE);
}
@Override
public void paintComponent (Graphics g){
super.paintComponent(g);
Graphics2D g2=(Graphics2D) g;
Polygon panah = new Polygon();
panah.addPoint(100, 150);
panah.addPoint(100, 250);
panah.addPoint(125, 250);
panah.addPoint(75, 300);
panah.addPoint(25, 250);
panah.addPoint(50, 250);
panah.addPoint(50, 150);
g2.fill(panah);
}
}
Selesai .
Selanjutnya tinggal di running aja ,misal dengan SHIFT + F6
Good Luck, Der ...
Happy Code,Ya....!!
Post a Comment