Membuat Object Sederhana dengan Java NetBeans

Java NetBeans



Bertemu lagi ,Der...!!
kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya dengan membagikan code seputar pemrograman java object , kali ini saya menggunakan platform Java NetBeans IDE 8.1 jika belum punya alangkah baiknya untuk menginstall terlebih dahulu ,der....!!
silahkan download melalui website reminya : https://netbeans.org/

Maaf ,Der...!! saat ini saya tidak membahas cara menginstall NetBeans nya ,lain kali bila ada waktu saya share di sini .

Langsung aja deh topik utamanya untuk Membuat Object Sederhana Dengan Java NetBeans
Langkah-langkahnya :
  1. Buatlah project baru ,misal : Latihan
  2. Buatlah 2 Java Class ( beri nama Canvas.class dan MainPanel.class ).


Selanjutnya copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam Canvas.class -nya .
package Latihan;

import java.awt.geom.GeneralPath;
import javax.swing.JFrame;
/**
 *
 * @author ACER
 */
public class Canvas {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        JFrame frame= new JFrame();
        frame.setTitle("Aplikasi Komputer Grafik Pertama Saya :");
        frame.setLocationRelativeTo(frame);
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
       
        MainPanel panel= new MainPanel();
        frame.getContentPane().add(panel);
        frame.pack();
        frame.setVisible(true);
       
        GeneralPath p = new GeneralPath(GeneralPath.WIND_NON_ZERO);
        p.moveTo(100.f, 0);
    }
}

 Selanjutnya copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam MainPanel.class -nya .
 package Latihan;

import java.awt.Color;
import java.awt.Dimension;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.Polygon;
import javax.swing.JPanel;

/**
 *
 * @author ACER
 */
public class MainPanel extends JPanel{
    public MainPanel(){
       this.setPreferredSize(new Dimension(400,400));
       this.setBackground(Color.WHITE);
     
   }
  
    @Override
public void paintComponent (Graphics g){
       super.paintComponent(g);
       Graphics2D g2=(Graphics2D) g;
     
       Polygon panah = new Polygon();
       panah.addPoint(100, 150);
       panah.addPoint(100, 250);
       panah.addPoint(125, 250);
       panah.addPoint(75, 300);
       panah.addPoint(25, 250);
       panah.addPoint(50, 250);
       panah.addPoint(50, 150);
       g2.fill(panah);
     
    }
}


Selesai .
Selanjutnya tinggal di running aja ,misal dengan SHIFT + F6

Good Luck, Der ...
Happy Code,Ya....!!


Label: ,

Post a Comment

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://facebook.com/rifqi.abrory} {twitter#https://facebook.com/rifqi.abrory} {google#https://facebook.com/rifqi.abrory} {pinterest#https://facebook.com/rifqi.abrory} {youtube#https://facebook.com/rifqi.abrory} {instagram#https://facebook.com/rifqi.abrory}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.