Membuat Object Dengan Java NetBeans [ Boneka ]

Java NetBeans



Bertemu lagi ,Der...!!
kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya dengan membagikan code seputar pemrograman java object ,kali ini saya menggunakan platform Java NetBeans IDE 8.1 jika belum punya alangkah baiknya untuk menginstall terlebih dahulu ,der....!!
silahkan download melalui website reminya : https://netbeans.org/

Maaf ,Der...!! saat ini saya tidak membahas cara menginstall NetBeans nya ,lain kali bila ada waktu saya share di sini .

Langsung aja deh topik utamanya untuk Membuat Object Dengan Java NetBeans [Boneka]
Langkah-langkahnya :
  1. Buatlah project baru ,misal : Latihan
  2. Buatlah 2 Java Class ( beri nama Canvas.class dan MainPanel.class ) .
Selanjutnya copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam Canvas.class -nya .

package Latihan;

import java.awt.geom.GeneralPath;
import javax.swing.JFrame;
/**
 *
 * @author ACER
 */
public class Canvas {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        JFrame frame= new JFrame();
        frame.setTitle("Belajar Object Java :");
        frame.setLocationRelativeTo(frame);
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
       
        MainPanel panel= new MainPanel();
        frame.getContentPane().add(panel);
        frame.pack();
        frame.setVisible(true);
       
        GeneralPath p = new GeneralPath(GeneralPath.WIND_NON_ZERO);
        p.moveTo(100.f, 0);
    }
}


 Selanjutnta copy source code dibawah ini ,kemudian paste-kan di dalam MainPanel.class -nya .


 package Latihan;

import java.awt.Color;
import java.awt.Dimension;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import javax.swing.JPanel;

/**
 *
 * @author ACER
 */
public class MainPanel extends JPanel{
    public MainPanel(){
        this.setPreferredSize(new Dimension(400, 400));
        this.setBackground(Color.WHITE);
    }
    @Override
    public void paintComponent(Graphics g){
        super.paintComponent(g);
        Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;
        //Kepala
        g.setColor(Color.GREEN);
        g.fillOval(150, 100, 300, 220);
        //Telinga
        g.setColor(Color.BLUE);
        g.fillOval(120, 155, 35, 90);
        g.fillOval(445, 155, 35, 90);
        //Mata
        g.setColor(Color.WHITE);
        g.fillOval(210, 125, 50, 50);
        g.fillOval(350, 125, 50, 50);
        g.setColor(Color.BLACK);
        g.fillOval(225, 145, 20, 30);
        g.fillOval(365, 145, 20, 30);
        //Mulut
        g.setColor(Color.ORANGE);
        g.fillOval(230, 260, 150, 30);
        //Badan
        g.setColor(Color.ORANGE);
        g.fillRoundRect(230, 315, 140, 100, 40, 40);
        //Tangan dan Kaki
        g.setColor(Color.DARK_GRAY);
        g.fillOval(165, 325, 70, 20);
        g.fillOval(365, 325, 70, 20);
        g.fillOval(260, 410, 20, 70);
        g.fillOval(320, 410, 20, 70);
        g.fillOval(260, 465, 50, 20);
        g.fillOval(320, 465, 50, 20);
        //Topi
        g.setColor(Color.PINK);
        g.fillArc(205, 35, 180, 140, 190, -200);
        g.setColor(Color.RED);
        g.fillArc(150, 80, 290, 60, 210, -240);
        //Hidung
        g.setColor(Color.RED);
        g.fillArc(250, 145, 120, 80, 290, -45);
      
    }
}

Selesai.
Selanjutnya tinggal di running aja . Misal dengan SHIFT + F6

Good Luck,Der...!!

Happy Code,ya...... :)

Label: ,

Post a Comment

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://facebook.com/rifqi.abrory} {twitter#https://facebook.com/rifqi.abrory} {google#https://facebook.com/rifqi.abrory} {pinterest#https://facebook.com/rifqi.abrory} {youtube#https://facebook.com/rifqi.abrory} {instagram#https://facebook.com/rifqi.abrory}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.